Monday, January 09, 2006

A Blast To The Past

Waktu kecil dulu saya paling seneng denger suara motor bebeknya Mamang (bahasa Indonesia nya Mamang itu adalah paman) saya. Eh nggak ding, tergantung waktunya. Kalo pas Majalah Bobo terbit, saya seneng banget denger suara motor nya. Soalnya biasanya Mamang saya itu yang ngambilin majalah ke agen nya. Tapi kalo pas saya lagi ngerjain suatu kebandelan (yang banyak macemnya itu. Contoh, naek2 genteng tetangga, manjat pohon alpukat depan rumah, en ngeberantakin rumah), saya bakal takut banget kalo denger suara motornya. Pertanda jelek soalnya. Hukuman nya bole pili. Yak, di pili di pili (hihihi… kayak orang jualan baju di Senen). Mau di jewer? Ato di cubit? Apa di pukul pake rotan? Ato di kurung di kamar mandi? Ato di iket en nggak di kasi makan seharian? (yg terakhir nggak ding. Kayak Ari Anggara aja ya?). Emang sih saya akuin, saya dulu bandel en mungkin menurut Mamang saya, cara nya biar saya sadar en brenti ngelakuin hal2 yang beliau nggak suka adalah dengan hukuman fisik.

Mamang saya tu bersihan orangnya. Jadi kebayang dong, waktu dia pulang kerja rumah berantakan, kertas di mana2, dan tersangka nya adalah dua orang anak kecil imut dan lucu dengan tampang innocent (hehehe.. narsis dikit ah). Berhubung saya kakaknya, maka saya lah yang kena duluan. Ya omelan, ya cubitan, ya jeweran. "Wee.. budak! Nggak bisa bener liat rumah rapi… bla…bla...bla…". Siap2 kuping deh. Panas nya dobel. Kadang sampe takjub juga liat kemampuan ngomelnya Mamang saya yang dahsyat itu. Kalo bliau udah marah gitu, saya jadi sebel banget. Tapi dalam kondisi biasa, Mamang saya tu baeeekkk banget (emang agak galak sih, sampe2 temen2 saya kalo mau maen ke rumah tu perlu nanya dulu Mamang saya di rumah apa nggak). Waktu kecil dulu saya ama adek saya di asuh ama Mamang saya itu. Masakannya Mamang enaaaaakkk banget. Kita juga biasa disuapin. Saya masih inget ancemannya Mamang saya kalo kita nggak mau abisin makanan: "Hayo abisin! Kalo nggak ntar Mamang suapin lewat pan**t (ups, sorry, sensor)". Hehehe.. kalo sekarang inget itu jadi ketawa sendiri.

Jurus satu lagi adalah cerita tentang "Crying Rice": Nasi yang menangis. Pada pernah diceritain kan? Konon, kalo kita makan nggak abis trus mbuang nasi. Maka di malam hari, nasi2 itu akan menangis menjerit2 dan kemudian mereka beramai2 akan mendatangi ranjang tempat tidur kita dan masuk lewat semua lubang di tubuh kita. Huehehehehehe…. Horror banget ya ceritanya. Padahal sebenernya anak2 dari kecil tu nggak boleh di jejelin ama cerita2 dongeng yang kelewat bo'ong kayak gitu. Kita kan harusnya menanamkan kejujuran sudah sejak anak2 kecil. Kalo nggak ntar anak2 nya jadi mahir bo'ong deh. Jadi ntar kalo dah punya anak, anak2 nya diceritain yang bener2 aja. "Makan harus diabisin, kalo nggak abis kan mubazir. Orang mubazir kan temennya setan. Hiyyy… nggak mau ah jadi temennya setan. Allah kan nggak suka ama orang yang mubazir. Adek kan mau jadi kecintaan Allah, jadi makanannya harus di abisin."

Yang di atas cuma contoh, bisa di ubah sesuai selera. Kalo doyan pedes bisa tambah cabe, kalo suka manis bisa tambah gula (kayak masakan aja).

Duh, jadi kangen sama Mamang saya. Bliau tu orang yang sangat berjasa dalam hidup saya. Kalo nggak ada bliau, raport saya es de nggak ada yang ngambilin. Kalo nggak ada bliau, kita bedua bakal terpaksa makan beras karna nggak ada yang bisa di makan. Bliau juga yang nganterin kita ke mana2. Bliau adalah tempat bertanya pada waktu mengisi TTS Kompas yang ampóon susahnya amit2 jabang betet. Hhh… tapi sampe sekarang, Mamang saya itu belom nikah2. Padahal umurnya dah empat puluh berapa gitu. Kenapa ya? Apa gara2 kebanyakan mikirin TTS Kompas? Nggak mungkin deh kayaknya. Kangen berat euy, sama Mamang….

[Abis liat Affan kecil disuapin Bibi nya di pinggir jalan menuju kos]

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Site Meter